Jumat, 14 April 2023

Panen Padi Melimpah dengan ZPT Gibgro 10 SP dan Gibgro Panen

Panen Padi Melimpah dengan ZPT Gibgro 10 SP dan Gibgro Panen

Foto: Nufarm


Salah satu kunci keberhasilan dalam mendapatkan hasil panen melimpah pada tanaman padi adalah  tanaman tumbuh sehat, subur,dan pengisian gabahnya maksimal.
 
Selain pola budidaya yang benar,  pemberian Zat Pengatur Tumbuh (ZPT) dengan jenis dan kadar tepat mulai dari fase vegetatifdan generatif membuat tanaman tumbuh lebih sehat dan proses pengisian gabah akan maksimal.
 
Giberelin adalah salah satu ZPT yang sangat dibutuhkan tanaman padi, berperan dalam pembelahan sel, menyeragamkan pertumbuhan tanaman, pembentukan malai/pembungaan dan proses pengisian gabah/biji/buah agar terisi sempurna.
 
Giberelin yang ditambahkan dengan dosis tepat pada tanaman padi dapat membuat tanaman dan anakan tumbuh lebih sehat dan rata, malai lebih panjang sehingga jumlah bulir per malai lebih banyak. Dipastikan produksi tanaman akan meningkat sampai 20%. Perlakuan Giberelin padatanaman jagung akan meningkatkan produksi jagung pipilan.
 
PT Nufarm Indonesia telah meluncurkan produk GibGro 10 SP dan GibGro Panen yang berbahan aktif Asam giberelat.  GibGro 10 SP digunakan di fase vegetatif, sedangkan Gibgro Panen digunakan di fase generatif,baik untuk padi, jagung, maupuntanaman lainnya.
 
GibGro 10 SP dan GibGro Panen sudah digunakan secara luas oleh petani di sentra-sentra produksi padi dan jagung di seluruh Indonesia. Bahkan di beberapa wilayah tertentu, sudah menjadi produk wajib untuk membantu meningkatkan produksi padi dan jagung.
 
 
GIBGRO 10 SP
 
GibGro 10 SP mengandung asam giberelat 10%  dalam kemasan sachet 1 gram yang sangat menarik dan praktis digunakan. Setiap 40 sachet dibuat saturangkaian dan dikemas dalam satukotak(inner box). Anjuran penggunaannya terdapat dalam label kemasan dan inner box.
 
PT Nufarm Indonesia, selaku pemegang pendaftaran produk GibGro 10 SP bekerjasama dengan IPB University melakukan percobaan untuk melihat manfaat GibGro 10 SP. Percobaan menunjukkan konsisten, bahwa produk GibGro 10 SP mempunyai manfaat sebagai berikut:
 
  • Keluar malai lebih serempak, sehingga keberhasilan penyerbukan tinggi
  • Meningkatkan panjang malai dan jumlah gabah per malai
  • Merangsang danmemaksimalkan proses pengisian bulir gabah tahap awal

GibGro 10 SP diaplikasikan dua kali, yakni padaumur 45 hari setelah tanam (HST) dan 65HST. Aplikasi pertama di fase primordia bertujuan untuk mempersiapkan potensi keberhasilan penyerbukan dan pembuahan serta menambah ukuran/panjang malai padi. Aplikasi pada fase ini juga membantu keserempakan berbunga sehingga meningkatkan potensi keberhasilan pembungaan padi.

Aplikasi kedua berfungsi untuk memaksimalkan proses pengisian gabah, sehingga mengurangi gabah hampa/hampa punduk, bobot bulir padi lebih tinggi, padat dan berisi.
 
 
GIBGRO PANEN
 
GibGro Panen mengandung asam giberelat 20%  dalam  kemasan sachet ukuran 1 gram dan  Setiap 40 sachet dikemas dalam satukotak (inner box).Aplikasinya pada saat tanaman berumur 80 HST.
Manfaat nyata penggunaan GibGro Panen:
  1. Memaksimalkan proses pengisian gabah sampai ke pangkal malai
  2. Meningkatkan jumlah gabah bernas dan lebih mengkilat
  3. Mengurangi gabah hampa
  4. Meningkatkan hasil panen serta rendemen beras giling sampai 20%
  5. Mempercepat masa panen
Cara aplikasi GibGro 10SP dan GibGro Panen
  • 1 sachet per tanki 15-16 liter atau
  • 20 sachet per hektar per aplikasi atau
  • 40 sachet (satukotak) per hektar untuk dua kali aplikasi
 
Penggunaan GibGro terbukti meningkatkan tambahan pendapatan lebih dari Rp5 juta per hektar. Jadi, tunggu apa lagi, segera gunakan GibGro untuk memaksimalkan hasil panen padi Anda.

 
 
Adv

 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain