Kamis, 14 Maret 2024

Pabrik Pakan Maksimalkan Penyerapan Jagung Petani di Sulawesi Selatan

Pabrik Pakan Maksimalkan Penyerapan Jagung Petani di Sulawesi Selatan

Foto: GPMT
Di Sulsel terdapat 7 feedmill dengan kapasitas produksi pakan sebesar 1.580.000 MT/Tahun

Sulawesi Selatan (AGRINA-ONLINE.COM) - Sulawesi Selatan merupakan sentra jagung, di mana sentra jagung di bagi dalam beberapa sektor yang meliputi : Sektor Barat : Gowa, Takalar, Jeneponto, Maros, Pangkep, Barru, pare pare dan selayar. Sektor Timur : Bone, Soppeng, Wajo,Sinjai, Bulukumba, Bantaeng, Sidrap & Pinrang. Daerah Peralihan : Luwu, Luwu Utara, Luwu Timur, Palopo, Tator, Toraja Utara & Enrekan.
 
Semua sektor di atas merupakan daerah penyuplai jagung untuk kebutuhan peternak dan pabrik pakan (feedmill) di Sulawesi Selatan. Di Sulsel terdapat 7 feedmill dengan kapasitas produksi pakan sebanyak: 1.580.000 MT/Tahun. Kebutuhan jagung untuk feedmill sebesar 50%, maka kebutuhan jagung rata–rata sebesar: 790.000 MT/Tahun.
 
Kondisi saat ini di Sulawesi Selatan sudah mulai panen raya jagung, oleh karena itu seluruh feedmill memaksimalkan serapan jagung yang ada dari petani jagung untuk memenuhi kebutuhan pabrik pakan yang beberapa saat terakhir ini kekurangan jagung. Kadar air jagung yang di terima bervariasi mulai dari 15–35%.
 
Adapun rata – rata pembelian harga jagung dengan kadar air 17% adalah Rp4.600 Per Kg. Harga beli jagung dari feedmill dibandingkan dengan harga acuan yang telah di tetapkan oleh BAPANAS, masih lebih tinggi harga beli dari feedmill, di mana untuk kadar air 17% harga acuan BAPANAS sebesar Rp4.200 Per Kg. Di beberapa tempat terlihat truk menunggu antrian untuk memasukkan jagung ke salah satu feedmill yang ada di Makassar.
 
 
 
 
 
Windi Listianingsih

 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain