Senin, 22 April 2024

Pemkab Pemalang Dorong Program Pompanisasi Kementan untuk Tingkatkan Produksi

Pemkab Pemalang Dorong Program Pompanisasi Kementan untuk Tingkatkan Produksi

Foto: Kementerian Pertanian RI
Pemalang memiliki ketersediaan air yang bisa dioptimalkan

Pemalang (AGRINA-ONLINE.COM) - Plt Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Prihasto Setyanto meninjau lokasi pompanisasi di Desa Kandang Kecamatan Comal Kabupaten Pemalang, Senin 22 April 2024. Menurut Prihasto Kabupaten Pemalang memiliki ketersediaan air yang luar biasa yang bisa dioptimalkan khususnya untuk lahan sawah tadah hujan.
 
"Pemalang luar biasa. Ada Sungai Comal yang cukup besar dan disamping sungai ada lahan tadah hujan yang cukup luas sebelah kanan 66 hektar dan yang kiri 68 hektar yang belum tersentuh kalau tidak ada pompa," katanya.
 
Petani di Kecamatan Comal, lanjut Prihasto biasanya hanya panen satu kali dalam setahun. Sekarang, menurutnya dengan adanya perpompaan seperti ini yang digulirkan di tahun 2024 sesuai arahan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman diharapkan mampu menikkan indeks pertanaman (IP).
 
"Sesuai arahan Pak Mentan dalam rangka mengantisipasi darurat pangan, bagaimana yang tadinya hanya IP-1, ke depan bisa ditingkatkan minimal 2, bisa tertanam dua kali dalam setahun," ungkapnya.
 
Dijelaskan Prihasto, kerjasama dari berbagai pihak, Dinas Pertanian Kabupaten,  perangkat desa, Kompok Tani, semua bergerak bersama-sama menjaga agar pangan tidak bergejolak karena dampak dari Elnino yang berkepanjangan.
 
"Harapannya ini menjadi sebuah permanen sistem di lahan tadah hujan yang nantinya rata-rata IP-nya masih satu bisa lebih dari itu," imbuh Prihasto.
 
Oleh karena itu, demi keberlangsungan dan kebeanfaatan yang berkepanjangan, Prihasto menghimbau agar petani harus merawat dan menjaga bersama-sama paket bantuan,  karena bagaimanapun, hal ini menurutnya adalah kesempatan yang pada akhirnya akan memberi manfaat kepada semua pihak.
 
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Pemalang, Prayitno, atas nama petani mengucapkan terima kasih yang luar biasa karena ini (pompanisasi-red)  sangat membantu sekali bagi petani di Desa Kandang Kecamatan Comal.
 
"Di areal 321 hektar ini untuk pertanaman pertama kalau hujannya tidak kontinyu itu empot-empotan untuk bisa panen. Dengan adanya bantuan ini, di pertanaman pertama, IP 100-nya dijamin berhasil. Mudah-mudahan kemarau tidak panjang sehingga air sungai bisa dimanfaatkan jadi IPnya bisa jadi 200, minimal itu dulu," pungkasnya.
 
Sebagai informasi, di tahun 2024 ini Pemkab Pemalang sendiri ingin mendorong ada peningkatan produksi gabah. Dari 456.840 ton gabah kering giling, bertambah menjadi 466.444 ton atau diharapkan surplus 9.604 ton.
 
 
 
 
Sabrina Yuniawati

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain