Sabtu, 7 September 2019

Inagritech 2019 Siapkan Modal Pertanian 4.0

Inagritech 2019 Siapkan Modal Pertanian 4.0

Foto: Istimewa
Inagritech 2019 pamerkan teknologi AI bidang pertanian

Gelaran Inagritech ke-7 ini sukses menghadirkan 470 perusahaan dari 19 negara yang pamer kemajuan teknologi mesin pertanian, industri perkapalan, dan jasa penunjang.
 
Indonesia tengah menyambut Revolusi 4.0 di berbagai sektor termasuk pertanian. Untuk mendukung terwujudnya Revolusi 4.0, Kementerian Pertanian mengajak generasi milineal lndonesia berpartisipasi dalam pembangunan dan perkembangan pertanian dengan program Satu Juta Petani. 
 
 
Pacu Ekonomi dengan Belanja Alsintan
 
Salah satu cara untuk mewujudkan Satu Juta Petani adalah dengan membenahi infrastuktur dan teknologi.
 
Tahun anggaran 2020, Kementan mengajukan anggaran sebesar Rp20,53 triliun ditambah lagi Rp12,04 triliun untuk pembangunan infrastruktur pertanian.
 
Anggaran ini tidak hanya untuk pembangunan infrastruktur tetapi juga meningkatkan kompetensi sumber daya manusia di bidang pertanian.
 
Apalagi, sektor pertanian adalah salah satu sektor yang mempengaruhi perkembangan ekonomi Indonesia.
 
Selama lima tahun terakhir Kementan mengklaim berhasil memacu pertumbuhan ekonomi di daerah lewat belanja alat mesin pertanian (alsintani) dan input produksi.
 
Pasalnya, setiap peningkatan 1% belanja alsintan maka akan mendorong 0,33% peningkatan sektor pertanian dan jasa pertanian di daerah.
 
Hal itu menarik investor asing untuk menanamkan modal ke pasar Indonesia. Melihat peluang ini, GEM Indonesia menggelar pameran berskala internasional di bidang pertanian, Inagritech 2019.
 
Pameran tahunan yang ke-7 kali ini, Inagritech diselenggarakan bersamaan dengan Inapalm Asia yang berfokus di sektor kelapa sawit, Sugarmach di industri gula, Inagrichem di sektor kimia pertanian dan Food Manufacturing di sektor teknologi makanan. 
 
Tidak hanya itu, penyelenggara juga menghadirkan konferensi international di bidang pertanian. yang akan mengusung tema "The Challenges & Opportunies of Agriculture Industry 4.0". 
 
 
Kelanjutan tentang tulisan ini baca di Majalah AGRINA versi Cetak volume 15 Edisi No. 303 yang terbit September 2019. Atau, klik : https://ebooks.gramedia.com/id/majalah/agrina, https://higoapps.com/browse?search=agrina, https://www.mahoni.com, dan https://www.magzter.com/ID/PT.-Permata-Wacana-Lestari/Agrina/Business/

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain