Jumat, 4 Nopember 2022

Teknologi Perunggasan Perkuat Daya Saing

Teknologi Perunggasan Perkuat Daya Saing

Foto: Sabrina Yuniawati
Para pemangku kepentingan foto bersama pada pembukaan ILDEX Indonesia 2022

ILDEX Indonesia menjadi gerbang industri mempertemukan pelaku peternakan dan akuakultur.
 
 
Pameran industri peternakan dan akuakultur ILDEX Indonesia ke-5 diselenggarakan secara temu muka pada 9-11 November2022 di ICE BSD, Tangerang, Banten. Event bergengsi ini diinisiasi para pelaku perunggasan yang tergabung dalam Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia(FMPI) bekerja sama dengan VNU Exhibition Asia Pacific, serta didukung oleh stakeholder dan asosiasi peternakan Indonesia.
 
 
Teknologi Perunggasan 
 
Pameran ini dibuka Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian (Kementan) Nasrullah. Dalam sambutannya, ia mengatakan, saat ini dunia sedang tidak baik-baik saja. Berbagai ancaman dan masalah terjadi seperti pandemi Covid-19, geopolitik antarnegara, iklim tidak menentu. Hal ini sebagai tanda dan peringatan ancaman krisis pangan global akan terjadi.
 
“Saya yakin ILDEX bisa menjawab kondisi dunia saat inikarena ajang ILDEX menjadikan Indonesia memiliki industri peternakan lebih maju. Bicara maju, mandiri, modern, maka bicara efisiensi, efektivitas, dan daya saing. Tentu berkaitan dengan teknologi. Tanpa teknologi Indonesia tidak bisa bersaing, tidak bisa bersaing dalam industri, tidak bisa bersaing dalam kualitas, dan lainnya. Dengan teknologi industri perunggasan nasional dapat memperkuat, mempertahankan,dan memenuhi kebutuhan protein hewani,” katanya, Banten (09/11). 
 
Menurut Widiyanto Dwi Surya, Direktur utama PT Permata Kreasi Media, ILDEX Indonesia ajang promosi dan bertemunya pelaku peternakan global, sehingga menjadi sarana bertukar informasi, teknologi, kerja sama perdagangan antarnegara. Dampak positifnya mendukung pertumbuhan industri peternakan Indonesia yang efisien dan berdaya saing. Ini berpengaruh terhadap peningkatan konsumsi protein hewani masyarakat Indonesia. “Dampak lainnya secara tidak langsung berpengaruh peningkatan ekonomi Indonesia. ILDEX mendukung program pemerintah dalam kesehatan anak bangsa melalui konsumsi ayam dan telur,” jelasnya.
 
Ahmed Zaki Iskandar, Bupati Tangerang menyambut baik ajang pameran bergengsi tersebut. Ia menjelaskan, sektor peternakan berperan strategis dalam pembangunan daerah dan nasional,khususnya dalam ketahanan pangan. Sektor peternakan mempunyai peran sangat penting untuk membangun dan mencerdaskan bangsa diawali dengan membangun kecerdasan anak dengan kebutuhan protein dan gizi yang baik. 
 
“Konsumsi protein hewani perlu didorong terus untuk perkembangan generasi penerus Indonesia terutama menghadapi Indonesia Emas 2045. Peningkatan produksi memegang peranan penting, ditunjang dengan kemajuan teknologi, inovasi teknologi, dan juga perkembangan digital sedang berjalan sangat cepat. Sehingga ILDEX dapat memotivasi para peternak lokal dan pengusahan lokal mampu menyediakan bibit berkualitas dengan teknologi. Agar meningkatkan daya saing sehingga upaya memenuhi kebutuhan masyarakat dan kuantitas dapat tercapai,” ungkapnya.
 
 
 
Sabrina Yuniawati

 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain