Minggu, 12 Nopember 2023

Tiok Bagus Taufani Sanoesi, Biarkan Ayam Bicara

Tiok Bagus Taufani Sanoesi, Biarkan Ayam Bicara

Foto: Peni Sari Palupi
Enzim bantu memelihara kesehatan usus dan pencernaan unggas

Untuk mengoptimalkan nutrisi pakan dalam bahan baku pakan, pabrikan pakan ternak menerapkan beberapa strategi. Menurut Tiok Bagus Taufani Sanoesi, salah satu caranya dengan memanfaatkan enzim, antara lain selulose, xilanase, dan glukanase.
 
Enzim tersebut, lanjut dia dalam presentasi di ILDEX Indonesia 2023, bermanfaat untuk membantu memelihara kesehatan usus dan pencernaan unggas, meningkatkan efisiensi pakan, dan mengurangi biayanya.
 
Lebih jauh, alumnus FKH IPB University 2001 ini menjelaskan, “Enzim xilanase menguraikan xilan dan menghasilkan oligoxilan yang menjadi bahan makanan bagi bakteri baik. Di dunia ini hanya ada 1% bakteri yang tidak baik. Jadi, kalau kita bisa memberikan makanan yang bagus kepada bakteri baik,otomatis dia akan tumbuh lebih cepat, tumbuh lebih banyak, titik ekuilibriumnya akan meningkat. Jadi, bakteri tidak baik akan ter-depress (tertekan).”
 
Ketika ditanya ditanya apakah penggunaan xilanase perlu ditambah probiotik, Tiok menyarankan, para praktisi teknologi pakan untuk percaya pada ayam. “Setiap makanan, setiap lokasi itu hasilnya berbeda-beda. Kita tes dulu. Biarkan ayam yang berbicara,” tandas Sales Manager CJ Bio itu.
 
 
 
 
Peni Sari Palupi

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain