Rabu, 12 Juli 2023

Melodi Nuramdhani Laksani, Memotivasi Anak Muda Mengenal Pertanian

Melodi Nuramdhani Laksani, Memotivasi Anak Muda Mengenal Pertanian

Foto: Instagram Melodi
Melodi fokus memperbaiki penerapan teknik budidaya yang baik dan benar

Melodi Nuramdhani Laksani mewakili Indonesia sebagai Duta Persahabatan Pangan dan Pertanian Jepang untuk ASEAN pada 2018.
 
Mantan member JKT48 tersebut menjelaskan, program ini untuk memotivasi anak muda agar lebih mengenal pangan dan pertanian di Indonesia, Jepang, dan ASEAN.
 
Proyek ini merupakan kerja sama teknis antara pemerintah Jepang, yaitu di bawah Japan International Cooperation Agency (JICA) dengan pemerintah Indonesia di bawah Ditjen Hortikultura.
 
“Proyek JICA bernama Indonesia and Jepang Horticulture Public Private Partnerships Project Phase (IJHOP4) mempromosikan tentang teknik budidaya untuk komoditas buncis, brokoli, wortel kuroda, dan tomat momotaro,” jelas alumnus Fakultas Pertanian di Universitas Padjajaran Bandung ini.
 
Menurut Melodi, fokus proyek ini memperbaiki penerapan teknik budidaya baik dan benar atau Good Agricultural Practices (GAP).
 
Selain itu, mendukung perbaikan pascapanen dan memperbaiki sistem distribusi produk, memfasilitasi pemasaran dan promosi produk,membantu petani dalam mengakses pinjaman modal ke perbankan, danterakhir memfasilitasi kontrak antara swasta dan petani untuk memperkuat suplai produk hortikultura.
 
“Lokasi proyek di empat kabupaten yaitu Bogor, Sukabumi, Cianjur, Bandung, Bandung Barat, dan Garut. Saat ini sekitar 300 petani bergabung proyek ini,” katanya.
 
 
 
 
Sabrina Yuniawati
 
 

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain