Selasa, 12 September 2023

Emil Elestianto Dardak, Dua Kunci Ketahanan Pangan

Emil Elestianto Dardak, Dua Kunci Ketahanan Pangan

Foto: Instagram Emil Dardak
Sektor pertanian menyerap 31,87 juta tenaga kerja

Emil Elestianto Dardak, Wakil Gubernur Jatim mengatakan, kesejahteraan petani sangat penting untuk mewujudkan cita-cita ketahanan pangan di wilayah kerjanya. Ia berpendapat, ada dua kunci tentang ketahanan pangan, yakni lahan dan SDM.
 
“Bicara soal lahan, maka bicara alih fungsi lahan. Sedangkan bicara SDM,maka bicara produktivitas. Produktivitas dapat diraih saat petani sejahtera sehingga ketahanan pangan menjadi bagian dari kesejahteraan petani. Ini harus menjadi cita-cita bersama. Nilai tukar petani harus selalu menjadi parameter,” ungkap pria kelahiran 20 Mei 1984 itu.
 
Menurut Emil, ketahanan pangan harus selalu diupayakan dengan penuh dedikasi dan semangat. Apalagi sebagian masyarakat Jatim bekerja di sektor pertanian. Berdasarkan data Inspektorat Jenderal Kementerian Pertanian, pada 2022 sektor pertanian berkontribusi 12,40% dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, sedangkan Jatim berkontribusi 11,11% dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan penyumbang tiga tertinggi di Indonesia.
 
“Sektor pertanian menyerap 31,87 juta tenaga kerja atau sekitar 25,19% dari total angkatan kerja 133,56 juta. Sektor pertanian di Jatim menyerap 31,30% dari total tenaga kerja,” urai bapak tiga anak itu. 
 
 
 
Sabrina Yuniawati

 
Agrina Update + Moment Update + Cetak Update +

Artikel Lain